• REGISTER
    *
    *
    *
    *
    *
    Fields marked with an asterisk (*) are required.

Apa Keuntungan Wisata Kreatif?

Diskusi Bulanan BPPI Februari 2012

Saat ini terjadi perubahan paradigma pembangunan ekonomi dari basis pertanian, industri, teknologi dan sekarang kreativitas. Perubahan paradigma pembangunan ekonomi ini telah mempengaruhi berbagai industri terkait dengan kreativitas termasuk pariwisata. Apakah pariwisata kreatif itu? Topik ini akan didiskusikan dalam Diskusi Bulanan Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI) yang akan diselenggarakan pada:

Hari: Rabu, 15 Februari 2012
Waktu: 17.00 – 19.00 WIB
Tempat: Griya BPPI Jl. Veteran I no. 27 Jakarta Pusat
Topik: “Creative-based Tourism”
Narasumber: Henky Hermantoro (Directorate of Tourist Attraction Development, Ministry of Tourism and Creative Economy)

Berbagai studi mencoba menjelaskan bahwa wisatawan saat ini merubah pola perjalanan wisata nya dari buying product menjadi buying experience. Dari mass tourism menjadi responsible tourism. Ketika semula wisatawan cukup senang berkunjung beramai-ramai ke suatu tempat hanya untuk sekedar berfoto, mereka kemudian mengubah tujuannya untuk mencoba memahami budaya setempat. Kunjungan wisata budaya, dengan melihat (dan mempelajari) museum, galeri senii, dan sebagainya menjadi trend baru saat itu. Menjadi berkulit gelap akibat mandi matahari tidak lagi menjadi trend, tetapi memahami budaya setempat menjadi suatu kebanggaan bagi para wisatawan itu sendiri.

Trend selanjutnya berkembang lagi. Saat ini wisatawan tidak cukup puas hanya sekedar memahami, tetapi mereka mencoba untuk lebih dalam mempelajari budaya setempat dan mengembangkannya. Wisatawan kemudian menjadi bagian dari manusia kreatif yang dapat berkolaborasi dengan budaya setempat. Mereka kemudian menjadi prosumen (produsen sekaligus konsumen), dan mereka tidak lagi hanya pasif melihat budaya lokal. Ini yang disebut wisata kreatif --knowledge kemudian menjadi lebih penting dari hanya sekedar experience.

Masyarakat kreatif boleh hadir namun kreativitas mereka ‘harus’ berbasis budaya lokal. Workshop dan kolaborasi seni menjadi bagian penting dari proses ini sehingga komunitas pun akan tetap hidup walaupun wisatawan pada saatnya meninggalkan tujuan wisatanya. Keuntungan pola ini adalah kreativitas masyarakat terus berkembang, sekaligus menghidupkan ekonomi rakyat setempat. Contohnya adalah di Kasongan, Bandung, dan Laweyan sebagaimana digunakan sebagai contoh di buku ini. Dan terlebih penting, pariwisata daerah akan selalu hidup karena mereka didukung oleh paracreativepreneur lokal --masyarakat lokal yang kreatif dan memiliki semangat entrepreneurship yang tinggi.

Diskusi BPPI terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Anda dipersilakan untuk berpartisipasi dalam potluck (berbagi makanan dari kita, oleh kita dan untuk kita).Tempat terbatas untuk 25 orang. Sila reservasi ke sekretariat BPPI di nomor telepon 021.3511127 atau hubungi Patricia di 08588-121-4545.






 

You are here Apa Keuntungan Wisata Kreatif?
Ratusan pegiat, pakar, dan praktisi pelestarian pusaka Indonesia telah bergabung sebagai Anggota BPPI.
Gabung Sekarang!

Testimoni

Pusaka mencakup pula perilaku dan nilai luhur masyarakat yang harus dilestarikan

- I Gede Ardika, Ketua Badan Pelestarian Pusaka Indonesia

Media Pusaka